Artikel Terfavorit

Sabtu, 17 Desember 2011

Mengenal Nocturnal Ghost si Pemangsa Monyet

Burung hantu merupakan salah satu kelompok dari burung pemangsa "raptor" yang berburu mangsanya pada malam hari (nocturnal). Burung hantu memiliki ciri-ciri tubuh spesifik yang berbeda dengan jenis burung pemangsa lainnya, yaitu kepala besar dan bulat melebar, muka rata dan mata besar yang mengawasi kedepan, pada wajahnya tampak garis piringan wajah yang merupakan pembatas pada sekeliling mata. Hampir semua jenis burung hantu pola warna bulunya merupakan perpaduan antara warna abu-abu, cokelat, hitam dan putih. Perpaduan yang yang diperlukan dalam penyamaran saat berburu mangsa maupun menghindari musuh.
Ada sekitar 134 jenis burung hantu tersebar merata diseluruh dunia, kecuali daerah Antartika dan pulau-pulau disekitarnya, terdiri atas dua suku, yaitu Serak (suku Tytonidae) dan suku Strigidae. Di Sunda besar (Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan) terdapat dua jenis dari suku Tytonidae yaitu Serak Jawa Tyto albadan Serak Bukit Phodilus badius, sedangkan dari suku Stringidae ada dua puluh jenis, diantaranya Beluk Jampuk Bubo sumatranus. Beluk Ketupa Ketupa ketupu, Celepuk Reban Otus lempiji, Kukuk Seloputu Strix seloputo.

Bubo Sumatranus mencengkeram monyet

Barred Eagle-Owl (Bubo sumatranus), juga disebut burung hantu elang, spesies burung hantu yang termasuk dalam keluarga Strigidae. Spesies ini dapat ditemukan di Indonesia, Malaysia, Myanmar, Brunei, Singapura, dan Thailand. Habitat alaminya adalah hutan subtropis atau tropis lembab dataran rendah.

Kingdom: AnimaliaPhylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Class: Aves
Order: Strigiformes
Family: Strigidae
Genus: Bubo
Species: Bubo sumatranus
Sub Species: B. s. sumatranus, B. s. strepitans, B. s. tenuifasciatus

Bubo Sumatranus memiliki ukuran tubuh besar (45 cm) dengan garis-garis tebal. Bulu abu-abu tua dengan berkas telinga horizontal mencolok, tubuh bagian atas coklat kehitaman, bergaris kuning tua halus seluruhnya, alis putih. Bagian bawah tubuh abu-abu keputih-putihan bergaris hitam tebal. Saat terbang suara terdengar keras dalam "wuuh" atau "hua-wuh", dan suara seperti tertawa "kakakaka".

Tersebar mulai dari semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatera, Bangka, Jawa dan Bali. Hidup dihutan-hutan dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dpl. Mangsa berupa mammalia kecil seperti tikus, ular, ikan-ikan kecil dan burung-burung kecil yang diperoleh dengan berburu menyambar dari tenggeran dan melompat-lompat dengan cekatan ditanah. Gemar mandi-mandi dikolam-kolam atau sungai dan mulai aktivitas keluar dari persembunyian pada saat senja hari.

Distribusi Beluk Jampuk Bubo sumatranus
Peta Sebaran Bubo sumatranus di Indonesia

Salah satu aktivitas dan kebiasaan Bubo sumatranus adalah bertengger diranting pohon dengan memangsa monyet yang digenggam erat di cakarnya. Wajah monyet itu robek terbuka, mungkin selama bertarung dengan  Bubo sumatranus  monyet tersebut berontak.
Salah satu melakukan serangan mangsanya dengan cakarnya dan kaki bawah diturunkan. Jari-jari kaki dengan delapan cakar bentuk persegi panjang. Cakarnya mampu menggenggam mangsa dan meremas erat-erat. Lalu digigit pada bagian belakang kepala mangsanya, membunuh seketika. Daging monyet kecil itu ditelan seluruhnya sedangkan yang lebih besar dirobek menjadi potongan-potongan lalu dimakan. Kepala dan kaki mungkin dibuang.


Sumber:

Sabtu, 10 Desember 2011

Review Honda PGM-FI Pada Spacy Injeksi


Honda Spacy PGM-FI menjadi salah tanda awal bagi Astra Honda Motor (AHM) untuk memperkenalkan produk-produk barunya bermesin PGM-FI (Programmed Fuel Injection) setelah PT Astra Honda Motor (AHM) mendeklarasikan penggunaan teknologi PGM-FI pada semua produk sepeda motornya secara bertahap hingga akhir tahun 2013. Yang nantinya sistem injeksi ini akan menglobal.

Teknologi ramah lingkungan PGM-FI pertama kali digunakan pada tahun 1981 yang disematkan pada motor besar Honda CX500 Turbo. Teknologi ini berevolusi dan mulai diterapkan pada sepeda motor commuter pertama kali pada tahun 2003. Di Indonesia, teknologi ini dikenal sebagai pelopor teknologi injeksi di industri kendaraan roda dua yang diperkenalkan pertama kali melalui Honda Supra X 125 PGM-FI pada tahun 2005.

PGM-FI merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan. Teknologi ini memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk konsumen namun juga untuk lingkungan sekitarnya. Manfaat pertama adalah PGM-FI mampu menyumbangkan emisi yang bersih. Perpaduan sensor cerdas dan Catalytic Converter mampu menekan emisi gas buang. Untuk membuat produknya lebih ramah lingkungan, AHM mendeklarasikannya jauh sebelum ketentuan emisi gas buang EURO 3 diberlakukan.

Manfaat kedua, konsumsi BBM lebih hemat hingga 17%. Hal ini didapat karena keakuratan teknologi PGM-FI dalam mengendalikan komposisi pasokan bahan bakar dan udara mampu menghasilkan pembakaran yang lebih efisien. Manfaat ketiga, mesin lebih powerfull. Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran mesin memberikan efek akselerasi yang lebih responsif pada motor yang menggunakan teknologi PGM-FI.

Manfaat lain teknologi PGM-FI yaitu mudah dalam perawatan karena terdapat sistem kendali elektronik yang didukung oleh MIL (Malfunction Indicator Lamp) serta kemudahan menghidupkan mesin dalam segala kondisi suhu udara. AHM saat ini memiliki 5 model sepeda motor yang sudah mengimplementasikan teknologi PGM-FI yaitu Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda PCX, Honda Revo AT, Honda Supra X 125 PGM-FI, dan Honda Spacy Helm-in PGM-FI.


PGM-FI yang diaplikasi di jantung mekanis Spacy merupakan generasi keempat dengan keunggulan lebih compact dan efisien. Dampaknya, meski menggunakan teknologi mesin modern dan ramah lingkungan, harga sepeda motor hanya naik Rp 250 ribu dari versi karburator.

Spacy tetap memiliki kapasitas yang sama dengan versi karburator yakni 108 cc, namun versi injeksi tenaganya sedikit lebih agresif dari karburator. Versi PGM-FI mampu menghasilkan tenaga 8,67 PS pada 8.000 rpm sedangkan karburator bertenaga 8,54 hp pada 8.000 rpm.

Demikian pula dengan torsinya versi PGM-FI didapat 8,93 Nm pada 6.500 rpm juga sedikit lebih besar dari karburator dengan 8,04 Nm pada 6.500 rpm.

Namun AHM berani mengklaim konsumsi BBM-nya lebih irit hingga 17% dari karburator. Selain itu agresifitasnya lebih responsif.

Manfaat terpenting adalah gas buang emisi yang lebih rendah karena telah dilengkapi dengan Catalytic Converter. mengenai peran Catalytic Converter dalam Muffler mempunyai peran penting dalam mengolah emisi menjadi gas buang yang ramah lingkungan.


Jika diperhatikan Fan Cover pada Spacy PGM-FI, bentuk bawahnya agak sedikit melebar, ini berfungsi untuk menyesuaikan dengan komponen di area alternator yang berbeda karena ada penambahan satu piranti yang bernama sensor CKP (Crankshaft Position)


Selain pada perawatan teknologi mesin Spacy PGM-FI yang tidak sulit karena telah dilengkapi dengan sistem kendali elektronik yang didukung MIL untuk kemudahan dalam menghidupkan mesin dalam kondisi suhu apapun. MIL terletak pada instrumen panel speedometer, ada lampu kecil menyala sebagai indikator injeksi. Dalam keadaan darurat seperti ketika terjadi kerusakan sistem injeksi, lampu ini akan berkedip menunjukan komponen apa yang bermasalah.

Karena motor ini sudah injeksi, kalau di karbu menggunakan auto choke, maka di skutik injeksi ini ada sensor EOT (Engine Oil Temperature) yang akan memberikan info ke ECU (Electronic Control Unit), dan ketika suhunya relatif masih dingin maka injector akan menyemprot agak banyakan. Semua sensor akan langsung menciptakan campuran kabut bahan bakar yang paling ideal. Fungsinya mirip seperti choke pada karbu.


Throttle body dari perangkat injeksi step 4 yang dipakai Spacy PGM-FI memang lebih simpel. Ada dua sensor yang dihilangkan dan fungsinya digantikan oleh sensor lain. Meski cuma ada injektor, tapi di Spacy PGM-FI ada satu perangkat tambahan. Namanya FISV alias Fast Idle Selenoid Valve.


Alat yang terpasang berdekatan dengan Throttle Position Sensor (TPS) itu fungsinya sama seperti choke otomatis, yaitu untuk mempermudah proses penyalaan motor ketika pertama dihidupkan dengan menambah pasokan bahan bakar.

Dari segi dimensi tidak ada banyak perbedaan, Spacy memiliki panjang (1.841 mm) serta tinggi (1.094 mm), yang membedakan lebarnya (669 mm/PGM-FI) dan (660 mm/karburator). Spacy PGM-FI lebih lebar karena ada penambahan weight balancer pada ujung handgrip nya.

Yang membedakan lagi dari Spacy Karburator, kapasitas tangki bahan bakar Spacy PGM-FI bisa terisi 5,5 liter lebih banyak 0,5 liter dibanding Spacy karbu. Untuk bobotnya Spacy karburator lebih ringan 2 kilogram (97 kg) dan Spacy PGM-FI 99 kg, lebih berat karena ada penambahan komponen-komponen injeksinya.

Lainnya, tidak ada yang berbeda lagi. Karakter pengereman, redaman suspensi sampai gesekan standar tengah bertemu aspal ketika menikung tajam tetap terasa. Fitur helm-in nya juga tidak berubah. Bagasinya tetap lega memuat helm full face. Semoga bermanfaat dengan review ini 

Kamis, 08 Desember 2011

[Tips] Kalahkan Kebiasaan Menunda

Menunda emang asyik,tapi pada akhirnya ga asyik..capek kalo pekerjaan jd menumpuk.
Hmmm..tentunya kita sering sekali merasa malas buat ngelakuin suatu hal..terkadang malah ada bisikan "kerjain besok aja..kan masih ada waktu...

Nah buat agan/sista yg sering punya kebiasaan menunda, baca tips berikut untuk mengatasinya.







Be Fast... Fast... and Faster!

Pastikan kamu memang pengen melakukannya. ini yang paling penting gan, yaitu Niat
Simplify things. jangan kebanyakan persiapan ini-itu, langsung mulai aja gan..!
Jadikan hal tersebut hal pertama yang kamu lakukan hari ini.sebelum agan mulai membuka email atau internetan..maen ataupun jalan jalan ke mall, lakuin hal tersebut dulu gan
“Bersihkan” segala hal yang bisa mengganggu atau mengalihkan perhatianmu.mematikan internet atau TV gan, jangan memikirkan hal hal yg ga penting
Langsung mulai. Tinggalkan rasa malas dengan langsung memulai mengerjakannya gan..!!
Katakan pada diri sendiri kalau kamu hanya akan melakukannya selama sepuluh menit ini gunanya menyemangati diri sendiri gan..optimis bisa mengerjakan
Letakkan hal yang paling malas kamu lakukan di paling atas daftar - kamu akan menunda melakukannya dengan mengerjakan hal lain dalam daftarmu. At least you get some things done.
Cari sesuatu dalam hal tersebut yang bisa membuat kamu semangat gan.. agan bisa konsultasi sama teman..atau mengerjakan bersama sama juga bisa gan
Lupakan kesempurnaan. Lakukan saja, dan perbaiki nanti! ini maksudnya daripada agan ga langsung mulai tp cuma mikir maunya begini maunya begitu tapi tdk buru buru dikerjakan
Kalau kamu terus menunda, evaluasi apakah kamu memang ingin melakukannya atau tidak. Mungkin kamu memang tidak harus melakukannya gan


IYA ya LAKUIN..! kalo TIDAK ya ga usah..!

Kalau usaha diatas tetap gagal, coba istirahat sebentar atau keluar dan nikmati suasana atau bahkan tidak usah melakukan apapun hidup nggak melulu tentang produktivitas gan, Sometimes doing less can get you more

Dengan tidak menunda nunda pekerjaan kita bisa belajar rasa tanggung jawab dan menghargai waktu gan

Trims, smoga berguna.

Artikel Populer

Labels