Artikel Terfavorit

Senin, 23 September 2013

Tengil

Ah, ini sih tumpahan uneg-uneg saya saja tentang orang-orang tengil yang ada di sekeliling kita. Seperti apa sih tengil itu? Banyak, banyak perilaku yang dapat menjadikan seseorang pantas menyandang gelar tengil. Anda gimana, tengil atau tengik, atau kedua-duanya? Coba cocokkan diri anda dengan apa yang tertulis di bawah ini.

Entah kenapa muncul julukan tengil yang disandangkan untuk orang-orang dengan perlakuan tertentu. Saya tidak akan membahas dari sudut pandang bahasa dan selain juga karena malas membuka kamus. Saya hanya akan menyampaikan dari apa yang saya lihat dan rasakan. Orang tengil bisa secara universal artinya semua orang melihat dia memang benar-benar tengil. Namun, ada juga tengil yang lebih bersifat subyektif, hanya orang tertentu yang menganggapnya demikian sementara orang lain melihat orang itu biasa saja. Dan ada saja orang yang menyebut kata tengil dengan tidak tahu maksud dan tujuannya.

Pernahkah anda merasakan seperti itu? Merasakan bahwa orang lain bersikap dan berperilaku tengil? Jika berhadapan dengan orang tengil yang perlu dilakukan adalah sabar dan tetap bersikap baik. Terus terang saya sendiri tidak tahu mengapa ada orang-orang tengil. Barangkali salah satu penyebabnya adalah karena memiliki jabatan. Dengan jabatan itu dia kemudian berlagak. Akibatnya apa yang terlihat di mata orang lain adalah ketengilan.

Barangkali anda pengen tahu alasan saya membuat tulisan ini. Pemicunya adalah adanya orang yang saya rasakan, meskipun kadang-kadang, kok, orang ini tengil banget ya... Sebel banget jadinya. Jangan tanya siapa dia! Yang pasti dia bukan kebo. Daripada saya umpat-umpat dia lalu dia jadi tersinggung dan sakit hati, kan mendingan saya tulis saja. Dia tidak sakit hati dan saya jadi berkurang sebelnya. Jika dia kemudian baca tulisan ini terus merasa bahwa dia yang ditulis lalu jadi sakit hati, ya salah sendiri. Kenapa begitu GR-nya.

Orang-orang yang memiliki jabatan dan kekuasaan tetapi tidak amanah sering dan sangat mungkin menjadi orang tengil. Seolah-olah jabatan dan kekuasaan yang dipegangnya akan selamanya. Bisa jadi karena di otaknya berpikiran seperti itu, dia menjadi tengil. Tengil yang wujudnya berupa sikap otoriter, semena-mena, menganggap properti kantor adalah milik pribadi, dan bentuk-bentuk lain yang tidak mengenakkan orang lain.

Bicara tentang orang yang menganggap jabatan dan kekuasaan yang dimilikinya akan abadi, saya kok jadi ingat dakwah yang pernah disampaikan dai terkenal yang kemudian menjadi tidak populer karena melakukan poligami. Bila memiliki jabatan atau kekuasaan, seharusnya seperti tukang parkir. Dia memiliki banyak mobil, baik mobil biasa atau mewah. Tetapi ketika mobil-mobil itu diambil, dia tidak marah atau bahkan ngamuk karena dia tahu itu bukan miliknya. Dia ikhlas menyerahkan mobil-mobil itu. Bila anda memiliki jabatan dan kekuasaan di dalamnya, seharusnya anda seperti tukang parkir dengan mobil-mobilnya. Apa yang sedang di tangan anda itu hanyalah titipan. Jangan berpikiran akan memilikinya selamanya. Jika anda tidak mau seperti tukang parkir, bersiap-siaplah menjadi orang yang dihinakan. Dan, bisa jadi penyakit kejiwaan yang bernama post power syndrome akan menghampiri anda.



Pertanyaan mendasar: Tengil itu anda definisikan apa?

Jumat, 20 September 2013

Untuk Lahirkan 1 Unit Skutik, AHM Butuh Waktu 5 Detik Saja

PT. Astra Honda Motor (AHM) merupakan perusahaan produsen sepeda motor terbesar sekaligus memiliki pangsa pasar cukup luas di Indonesia. Saat ini PT. AHM telah memiliki 3 unit pabrik sebagai pusat produksi dan sebuah parts centre, masing – masing adalah Sunter Plant 1, Pegangsaan Plant 2, Cakung Parts Centre, dan Plant 3 Cikarang.


Untuk Plant 3 saja di Cikarang, Bekasi, mampu merakit 720 skutik berbagai varian per jam. Artinya dalam 5 detik AHM mampu melahirkan 1 unit skutik. Pabrik yang sekarang memproduksi BeAT Fi, Vario Series dan Scoopy Fi ini memiliki 4 line produksi.

Plant 3 Cikarang ini merupakan pabrik terbesar AHM. Setiap satu line-nya melahirkan satu sepeda motor otomatik dalam waktu 20 detik.

Per hari jumlah produksinya bisa mencapai 9.600 unit, yang dikerjakan dalam 2 shift dengan total jam kerja 16 jam.

K25 on row assembly

K16 final inspections

Kamis, 12 September 2013

Uji Tabrak New Avanza - Xenia (Dual Airbag)



Uji tabrak untuk keselamatan digelar ASEAN NCAP. Tercatat ada 11 mobil yang ikut dalam pengujian ini, dimana seluruhnya adalah mobil yang berpopulasi di Asia Tenggara.

Ada tiga mobil yang meraih rating bintang lima untuk keselamatan. Bintang lima mengartikan bahwa mobil tersebut memiliki tingkat keselamatan pengemudi dan penumpang yang terbaik. Tiga mobil itu adalah Toyota Prius, Honda Civic dan Subaru XV.

Fase pengujian ini sudah rampung dilaksanakan. Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) merilis hasil uji tabrak yang dilakukan ASEAN New Car Assessment Programme (ASEAN NCAP), di Taman Kajang Sentral.

Delapan mobil menjadi subjek dalam pengujian tabrakan depan, dengan kecepatan mencapai 64 km/jam. Prius, Civic dan Subaru XV meraih bitang lima. Prius mencatat perlindungan 86 persen untuk anak-anak dengan tujuh airbag.

Honda Civic mencatat perlindungan 82 persen untuk penumpang anak dengan dua airbag. Sedangkan Subaru XV mendapat nilai 67 persen buat anak, dengan airbag berjumlah tiga buah.

Yang menarik mobil sejuta umat di Indonesia, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia juga disertakan di uji tabrak ini. Avanza dan Xenia baru saja mendapatkan revisi di sektor keamanan dengan menggunakan dual airbag.

Toyota Avanza yang diuji adalah model 1.3 E transmisi manual rakitan 2013. Untuk penumpang dewasa mendapatkan rating bintang lima. Hanya saja perlindungan anak cuma mendapatkan nilai 38 persen.


Sedangkan Daihatsu Xenia yang diuji adalah tipe R 1.3 transmisi manual rakitan 2013. Penumpang dewasa mendapatkan rating bintang empat, dan penumpang anak-anak terlindungi 33 persen, plus dual airbag.

Beberapa mobil lain yang beredar di Indonesia juga ikut uji tabrak ini, seperti Suzuki Swift, Mazda2 sedan, Mitsubishi Mirage dan Mitsubishi Pajero Sport. Semuanya rata-rata mendapatkan rating bintang empat.

Toyota Prius 2013 – Adult: , Child: 86%, Airbags: 7
Honda Civic 1.8 A/T 2013, – Adult: , Child: 82%, Airbags: 2
Subaru XV 1.6i 2013 – Adult: , Child: 67%, Airbags: 3
Suzuki Swift 1.4 GLX 2013 – Adult: , Child: 77%, Airbags: 2
Mazda2 1.5 MZR sedan 2013, – Adult: , Child: 78%, Airbags: 2
Mitsubishi Mirage GLS/GLS Ltd 2013, – Adult: , Child: 43%, Airbags: 2
Toyota Avanza 1.3 E M/T 2013 – Adult: , Child: 38%, Airbags: 2
Perodua Alza 1.5 S A/T Standard 2013 – Adult: , Child: 46%, Airbags: 2
Nissan Almera 1.2 E CVT 2013 – Adult: , Child: 52%, Airbags: 1
Daihatsu Xenia R 1.3 M/T 2013 – Adult: , Child: 33%, Airbags: 2
Mitsubishi Pajero Sport GT 2013 – Adult: , Child: 40%, Airbags: 2

Itu yang dilakukan uji tabrak new Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dalam kecepatan 64km/jam. (Padahal yang kecelakaan dijalan rata-rata diatas kecepatan itu)
Pertanyaannya, mengingat air bag tersebut merupakan fitur keamanan baru dan tercanggih di new Avanza Xenia, pada model lama yang gak ada fitur airbag nya kalau di uji tabrak dapet point bintang berapa ya?


Silahkan dinilai sendiri deh... 

Dibalik Layar Balapan Motogp, Sibuknya Luar Biasa

Selama ini bro en sis semua bisa nonton balapan sambil leyeh-leyeh di kursi malas, atau di atas ranjang empuk di rumah. Ini nonton balap atau mau ngapain sih…? Pokoknya selama ini ente semua bisa menikmati balapan dengan nyaman sambil ngelontarin banyak komentar ke pembalapnya. Atau ngatain pembawa acaranya di Trans7 buat yang nggak pake TV berbayar. Tapi bro en sis nggak tau kan gimana repotnya persiapan pelaksanaan tiap serinya?


Bayangin dehh… Dalam satu seri ada tiga kelas yang dilombakan, Moto2, Moto3, dan Motogp. Totalnya ada 97 pembalap yang akan bertarung di trek selama akhir pekan. Selain pembalap, ada 1.400 staf yang akan bekerja di dalam dan sekitar paddock dan 100 orang dari perusahaan pendukung. Selain itu ada 800 orang dari penyelenggara 350 di antaranya adalah marshal yang jagain pinggiran lintasan saat balapan. Dari Dorna sendiri, ada 180 orang yang akan memastikan kelancaran jalannya balapan. Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event. Terakhir ada sekitar 600 wartawan dari 54 negara di seluruh dunia yang akan datang ke setiap seri GP. Artinya ada lebih dari 2.500 kepala dari official berseliweran di sirkuit setiap serinya, belum lagi dari penonton.

Mereka berkerja supaya balapan itu tetap jadi tontonan olahraga balap motor nomer satu seantero jagad. Pekerjaan mereka tentu harus didukung dengan logistik yang jumlahnya nggak sedikit, termasuk logistik setiap tim. Makanya nggak heran dalam setiap seri berjejer mobil-mobil segede gaban di parkiran sirkuit sebagai mobil pengangkut barang dan logistik, atau sebagai sebagai hospitality.


Dalam setiap pengangkutan logistik balapan dari satu negara ke negara lain, selama 2013 akan didukung oleh 3 pesawat Boeing 747 Jumbo Jet yang akan menerbangkannya ke negara tujuan. Termasuk safety car BMW seri M. Lalu ada 600 kontainer raksasa yang akan diisi dengan segala material pendukung balapan. Kemudian ada 50 truk besar yang akan digunakan untuk perjalanan dari dan ke bandara. Setiap penerbangan, bobot yang angkut mencapai 270 ton. Detilnya, 180 ton dari peralatan dan motor, TV dan perlengkapan Dorna Sport 50 ton, alat promosi dan periklanan 23 ton dan peralatan timing 7 ton.
Operations coordinate the transport of Dorna’s materials between Grands Prix.
For events outside of Europe, Operations is also responsible for the transport of material for the entire Paddock, including bikes and all team equipment. To aid this three Boeing 747 cargo aeroplanes transport more than 270 tonnes of material.
Additionally, supporting the Commercial department, Operations is also responsible for assembling the MotoGP VIP Village™, trackside advertising and the Commercial Area which is accessed by the public.






Dalam satu musim, semua itu berterbangan dari satu negara ke negara lain dengan menempuh jarak kira-kira 90.000 km.

Mulai musim 2013 dan ke depan, tekanan baru akan menunggangi pundak mereka yang terlibat dalam logistic. Bahkan sebelum bendera finish dikibarkan di race Indianapolis, USA pada Minggu malam, sebagian barang sudah dalam perjalanan menuju seri berikutnya di sirkuit Automotodrom Brno, Republik Ceko.

Kebayangkan repotnya mereka yang terlibat di MotoGP..








courtesy: dorna sport





Senin, 02 September 2013

Wisata Eksotis nan Mistis di Trunyan Bali

Unik, Tengkorak dan tulang belulang manusia berserakan di sisi timur Danau Batur, Kabupaten Bangli, Bali tepatnya di Desa Terunyan, adat masyarakat sekitar tidak pernah mengubur atau membakar mayat (ngaben) tapi diletakkan begitu saja di suatu tempat khusus. Meskipun jenazah dibiarkan begitu saja, tidak tercium bau busuk yang sangat menyengat.

Menurut mitos, dari zaman dahulu mayat sengaja tidak dikubur dalam tanah untuk menghalangi wangi semerbak dari Taru Menyan (Pohon Wangi) yang konon menyebar sampai ke Jawa. Karenanya raja yang berkuasa di Terunyan pada waktu itu takut daerahnya diserang oleh Raja Jawa lantaran harumnya pohon Taru Menyan, maka beliau berinisiatif menetralisir bau yang kelewat harum itu dengan tidak mengubur mayat masyarakat yang meninggal dunia agar tidak diserang. Akhirnya sampai kini tradisi itu masih dipegang teguh oleh masyarakat desa Terunyan dan menjadi daya tarik wisata eksotis lewat tradisi yang bisa dibilang ngeri.

OK, nabung dulu buat bagpacker ke Bali, dan Terunyan akan menjadi destination list yang tidak akan dilewatkan.

Pintu masuk ke areal pemakaman Terunyan
Jasad wanita dibiarkan bersandar pada gapura pintu masuk
Welcome to Kuburan Terunyan
Batang pohon Taru Menyan yang diyakini mengeluarkan wangi
Human skull
Areal tempat penyimpanan mayat
Barang keseharian jenazah sebelum meninggal dikumpulkan dekat jasadnya
Ancak Saji terbuat dari bambu sengaja dibuat untuk menandakan
areal penyimpanan jasad
Banyan tree and bamboo cages for the deceased
The deceased bodies rot in bamboo cages
The body of a young lady left out in the open to decompose
*dari berbagai sumber

Artikel Populer

Labels