Sabtu, 26 November 2011

Fungsi dan Aplikasi Digital Clock

Mungkin bagi sebagian pembaca, Jam Digital merupakan hal yang sangat sederhana atau sudah terlalu umum, tapi dari Jam Digital bisa dipelajari prinsip-prinsip dasar kontrol dengan microcontroller, antara lain sistem tampilan 7 ruas dan pemakaian ti­mer.

Rangkaian jam digital dibentuk dari rangkaian pencacah serta pembangkit detak 1 detik. Pulsa-pulsa dengan lebar 1 detik dicacah oleh pencacah yang bertingkat dari detik satuan, detik puluhan, menit satuan, menit puluhan, jam satuan serta jam puluhan. Setiap hasil cacahan kemudian ditampilkan menggunakan led tujuh ruas atau seven segment.


Seven segment display merupakan sebuah alat untuk menampilkan bilangan desimal atau hexadesimal, yang merupakan alternatif dari lcd atau display dot matrix dimana seven segment memiliki kelebihan mudah dalam penggunaan dan perawatannya. Seven segment biasa digunakan pada jam digital, alat pengukur elektronik, dan peralatan lainnya yang menampilkan angka. Seperti namanya, sevan segment merupakan alat yang merupakan gabungan dari 7 buah led, yang dikombinasikan sedemikian rupa agar dapat menampilkan angka.

Untuk rangkaian pencacah jam, rangkaian ini terdiri dari dua tingkat pencacah yaitu untuk pencacah jam satuan serta puluhan menggunakan komponen utama IC 74LS197. IC ini merupakan pencacah biner yang dapat dimuati dengan nilai awal. Kedua tingkat pencacah ini bekerja pada modulo 12, dengan nilai terendah adalah 1 serta nilai tertinggi adalah 12. Kondisi ini dapat dicapai dengan memuati pencacah dengan nilai 0 1 ketika hasil cacahan pada angka 13.

Bisa dilihat rangkaian dibawah ini:

Rangkaian pencacah detik dan menit bekerja untuk menghitung banyaknya detik dan menit. Rangkaian ini terdiri dari dua tingkat yaitu satuan dan puluhan menggunakan komponen utama IC 74LS393. Untuk tingkat satuan, pencacah bekerja pada modulo 10, sedangkan untuk tingkat puluhan, pencacah bekerja pada modulo 6.

Semoga Bermanfaat

2 komentar:

agen pelangsing wsc biolo mengatakan...

kadang kalau rusak sangat rumit

Anonim mengatakan...

Kalau ic 74ls393 buat running led up and Down gimana yak caranya?? Mohon bantuannya gan...thx

Posting Komentar