Sabtu, 10 Desember 2011

Review Honda PGM-FI Pada Spacy Injeksi


Honda Spacy PGM-FI menjadi salah tanda awal bagi Astra Honda Motor (AHM) untuk memperkenalkan produk-produk barunya bermesin PGM-FI (Programmed Fuel Injection) setelah PT Astra Honda Motor (AHM) mendeklarasikan penggunaan teknologi PGM-FI pada semua produk sepeda motornya secara bertahap hingga akhir tahun 2013. Yang nantinya sistem injeksi ini akan menglobal.

Teknologi ramah lingkungan PGM-FI pertama kali digunakan pada tahun 1981 yang disematkan pada motor besar Honda CX500 Turbo. Teknologi ini berevolusi dan mulai diterapkan pada sepeda motor commuter pertama kali pada tahun 2003. Di Indonesia, teknologi ini dikenal sebagai pelopor teknologi injeksi di industri kendaraan roda dua yang diperkenalkan pertama kali melalui Honda Supra X 125 PGM-FI pada tahun 2005.

PGM-FI merupakan sistem suplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar dan udara secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan. Teknologi ini memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk konsumen namun juga untuk lingkungan sekitarnya. Manfaat pertama adalah PGM-FI mampu menyumbangkan emisi yang bersih. Perpaduan sensor cerdas dan Catalytic Converter mampu menekan emisi gas buang. Untuk membuat produknya lebih ramah lingkungan, AHM mendeklarasikannya jauh sebelum ketentuan emisi gas buang EURO 3 diberlakukan.

Manfaat kedua, konsumsi BBM lebih hemat hingga 17%. Hal ini didapat karena keakuratan teknologi PGM-FI dalam mengendalikan komposisi pasokan bahan bakar dan udara mampu menghasilkan pembakaran yang lebih efisien. Manfaat ketiga, mesin lebih powerfull. Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran mesin memberikan efek akselerasi yang lebih responsif pada motor yang menggunakan teknologi PGM-FI.

Manfaat lain teknologi PGM-FI yaitu mudah dalam perawatan karena terdapat sistem kendali elektronik yang didukung oleh MIL (Malfunction Indicator Lamp) serta kemudahan menghidupkan mesin dalam segala kondisi suhu udara. AHM saat ini memiliki 5 model sepeda motor yang sudah mengimplementasikan teknologi PGM-FI yaitu Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda PCX, Honda Revo AT, Honda Supra X 125 PGM-FI, dan Honda Spacy Helm-in PGM-FI.


PGM-FI yang diaplikasi di jantung mekanis Spacy merupakan generasi keempat dengan keunggulan lebih compact dan efisien. Dampaknya, meski menggunakan teknologi mesin modern dan ramah lingkungan, harga sepeda motor hanya naik Rp 250 ribu dari versi karburator.

Spacy tetap memiliki kapasitas yang sama dengan versi karburator yakni 108 cc, namun versi injeksi tenaganya sedikit lebih agresif dari karburator. Versi PGM-FI mampu menghasilkan tenaga 8,67 PS pada 8.000 rpm sedangkan karburator bertenaga 8,54 hp pada 8.000 rpm.

Demikian pula dengan torsinya versi PGM-FI didapat 8,93 Nm pada 6.500 rpm juga sedikit lebih besar dari karburator dengan 8,04 Nm pada 6.500 rpm.

Namun AHM berani mengklaim konsumsi BBM-nya lebih irit hingga 17% dari karburator. Selain itu agresifitasnya lebih responsif.

Manfaat terpenting adalah gas buang emisi yang lebih rendah karena telah dilengkapi dengan Catalytic Converter. mengenai peran Catalytic Converter dalam Muffler mempunyai peran penting dalam mengolah emisi menjadi gas buang yang ramah lingkungan.


Jika diperhatikan Fan Cover pada Spacy PGM-FI, bentuk bawahnya agak sedikit melebar, ini berfungsi untuk menyesuaikan dengan komponen di area alternator yang berbeda karena ada penambahan satu piranti yang bernama sensor CKP (Crankshaft Position)


Selain pada perawatan teknologi mesin Spacy PGM-FI yang tidak sulit karena telah dilengkapi dengan sistem kendali elektronik yang didukung MIL untuk kemudahan dalam menghidupkan mesin dalam kondisi suhu apapun. MIL terletak pada instrumen panel speedometer, ada lampu kecil menyala sebagai indikator injeksi. Dalam keadaan darurat seperti ketika terjadi kerusakan sistem injeksi, lampu ini akan berkedip menunjukan komponen apa yang bermasalah.

Karena motor ini sudah injeksi, kalau di karbu menggunakan auto choke, maka di skutik injeksi ini ada sensor EOT (Engine Oil Temperature) yang akan memberikan info ke ECU (Electronic Control Unit), dan ketika suhunya relatif masih dingin maka injector akan menyemprot agak banyakan. Semua sensor akan langsung menciptakan campuran kabut bahan bakar yang paling ideal. Fungsinya mirip seperti choke pada karbu.


Throttle body dari perangkat injeksi step 4 yang dipakai Spacy PGM-FI memang lebih simpel. Ada dua sensor yang dihilangkan dan fungsinya digantikan oleh sensor lain. Meski cuma ada injektor, tapi di Spacy PGM-FI ada satu perangkat tambahan. Namanya FISV alias Fast Idle Selenoid Valve.


Alat yang terpasang berdekatan dengan Throttle Position Sensor (TPS) itu fungsinya sama seperti choke otomatis, yaitu untuk mempermudah proses penyalaan motor ketika pertama dihidupkan dengan menambah pasokan bahan bakar.

Dari segi dimensi tidak ada banyak perbedaan, Spacy memiliki panjang (1.841 mm) serta tinggi (1.094 mm), yang membedakan lebarnya (669 mm/PGM-FI) dan (660 mm/karburator). Spacy PGM-FI lebih lebar karena ada penambahan weight balancer pada ujung handgrip nya.

Yang membedakan lagi dari Spacy Karburator, kapasitas tangki bahan bakar Spacy PGM-FI bisa terisi 5,5 liter lebih banyak 0,5 liter dibanding Spacy karbu. Untuk bobotnya Spacy karburator lebih ringan 2 kilogram (97 kg) dan Spacy PGM-FI 99 kg, lebih berat karena ada penambahan komponen-komponen injeksinya.

Lainnya, tidak ada yang berbeda lagi. Karakter pengereman, redaman suspensi sampai gesekan standar tengah bertemu aspal ketika menikung tajam tetap terasa. Fitur helm-in nya juga tidak berubah. Bagasinya tetap lega memuat helm full face. Semoga bermanfaat dengan review ini 

15 komentar:

jokam354 mengatakan...

mantap bener pokonya spacy injeksinya..dah parkir di dlm rumah...

sepeda motor injeksi irit harga terbaik cuma honda mengatakan...

allows the engine to achieve an emission level approximately half the European emission standards

Iwan mengatakan...

mas bro, neh BeDHe..
ijin pajang di blog ane yak..
http://spacious110.wordpress.com/2012/02/22/honda-spacy/

Fandi Ardian Dwi Cahyo mengatakan...

@om BeDHe: oow..iya silahkan om :)

Anonim mengatakan...

mas bro, yg prnah sy bca, rollernya juga berbeda. spacy PGM FI pakai roller vario, tapi spacy karbu pkai roller beat. betul gak tuh?

eko wongpati mengatakan...

gan, brp beban angkut max?

Fandi Ardian Dwi Cahyo mengatakan...

@mas Eko: beban angkut maksimal 150kg

Anonim mengatakan...

spacy putih FI dah ngandang...ngetes 5 km pp ke spbu mantab larinya...ringan gak kayak vario apalagi skywave...torsi di rpm rendah = motor irit...

Jambul Meong mengatakan...

Mas Fan, mau tanya nih.. Kalo sistem pengapian di Spacy FI itu AC atau DC yah??
kalo AC tau cara mengubah pengapianya supaya jadi DC gak? Soalnya saya mau pasang HID tapi takut tekor akinya.. Krena yang saya tau motor Injeksi itu kan gak bisa hidup tanpa aki.. gak kaya motor karbu..

bales ke email saya aja yahhh mas, thanks..
aditya.teef@gmail.com

Jambul Meong mengatakan...

Mas Fan, mau tanya nih.. Kalo sistem pengapian di Spacy FI itu AC atau DC yah??
kalo AC tau cara mengubah pengapianya supaya jadi DC gak? Soalnya saya mau pasang HID tapi takut tekor akinya.. Krena yang saya tau motor Injeksi itu kan gak bisa hidup tanpa aki.. gak kaya motor karbu..

bales ke email saya aja yahhh mas, thanks..
aditya.teef@gmail.com

obat pelangsing herbal berkhasiat aman ampuh mengatakan...

cocok buat abg cewek

agen pelangsing biolo mengatakan...

sangat simple

servis mengatakan...

sep

Unknown mengatakan...

Spacey F1 arus nya DC atw AC..So mau Pake lampu sorot.dan caranya bagaimana nya...
Balas ke email.saja. Terima kasih jaya terus HONDA.

Unknown mengatakan...

CKP Spacy letaknya dimana bang?
Bentuknya seperti apa?

Posting Komentar