Selama ini bro en sis semua bisa nonton balapan sambil leyeh-leyeh di kursi malas, atau di atas ranjang empuk di rumah. Ini nonton balap atau mau ngapain sih…? Pokoknya selama ini ente semua bisa menikmati balapan dengan nyaman sambil ngelontarin banyak komentar ke pembalapnya. Atau ngatain pembawa acaranya di Trans7 buat yang nggak pake TV berbayar. Tapi bro en sis nggak tau kan gimana repotnya persiapan pelaksanaan tiap serinya?
Bayangin dehh… Dalam satu seri ada tiga kelas yang dilombakan, Moto2, Moto3, dan Motogp. Totalnya ada 97 pembalap yang akan bertarung di trek selama akhir pekan. Selain pembalap, ada 1.400 staf yang akan bekerja di dalam dan sekitar paddock dan 100 orang dari perusahaan pendukung. Selain itu ada 800 orang dari penyelenggara 350 di antaranya adalah marshal yang jagain pinggiran lintasan saat balapan. Dari Dorna sendiri, ada 180 orang yang akan memastikan kelancaran jalannya balapan. Dorna adalah organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event. Terakhir ada sekitar 600 wartawan dari 54 negara di seluruh dunia yang akan datang ke setiap seri GP. Artinya ada lebih dari 2.500 kepala dari official berseliweran di sirkuit setiap serinya, belum lagi dari penonton.
Mereka berkerja supaya balapan itu tetap jadi tontonan olahraga balap motor nomer satu seantero jagad. Pekerjaan mereka tentu harus didukung dengan logistik yang jumlahnya nggak sedikit, termasuk logistik setiap tim. Makanya nggak heran dalam setiap seri berjejer mobil-mobil segede gaban di parkiran sirkuit sebagai mobil pengangkut barang dan logistik, atau sebagai sebagai hospitality.
Dalam setiap pengangkutan logistik balapan dari satu negara ke negara lain, selama 2013 akan didukung oleh 3 pesawat Boeing 747 Jumbo Jet yang akan menerbangkannya ke negara tujuan. Termasuk safety car BMW seri M. Lalu ada 600 kontainer raksasa yang akan diisi dengan segala material pendukung balapan. Kemudian ada 50 truk besar yang akan digunakan untuk perjalanan dari dan ke bandara. Setiap penerbangan, bobot yang angkut mencapai 270 ton. Detilnya, 180 ton dari peralatan dan motor, TV dan perlengkapan Dorna Sport 50 ton, alat promosi dan periklanan 23 ton dan peralatan timing 7 ton.
Operations coordinate the transport of Dorna’s materials between Grands Prix.
For events outside of Europe, Operations is also responsible for the transport of material for the entire Paddock, including bikes and all team equipment. To aid this three Boeing 747 cargo aeroplanes transport more than 270 tonnes of material.
Additionally, supporting the Commercial department, Operations is also responsible for assembling the MotoGP VIP Village™, trackside advertising and the Commercial Area which is accessed by the public.
Dalam satu musim, semua itu berterbangan dari satu negara ke negara lain dengan menempuh jarak kira-kira 90.000 km.
Mulai musim 2013 dan ke depan, tekanan baru akan menunggangi pundak mereka yang terlibat dalam logistic. Bahkan sebelum bendera finish dikibarkan di race Indianapolis, USA pada Minggu malam, sebagian barang sudah dalam perjalanan menuju seri berikutnya di sirkuit Automotodrom Brno, Republik Ceko.
Kebayangkan repotnya mereka yang terlibat di MotoGP..
Kebayangkan repotnya mereka yang terlibat di MotoGP..
courtesy: dorna sport
2 komentar:
es-de-em tingkat dewa!
parkir aja rapi kyk maenan disusun dlm etalase O.o
event besar.
ajang balap motor paling bergengsi di dunia
Posting Komentar